Friday, November 7, 2008

Java class

Kali pertama menghadiri kelas Java, dosen meminta kami membalas posting di Blackboard tentang "kenapa kami memilih kelas Java ?". Sambil bercanda, saya menuliskan balasan..
"because I'm Javanese...", ya.. karena saya orang Jawa. Gak ada kaitannya memang, antara saya sebagai orang Jawa dengan keinginan mempelajari bahasa Java karena bahasa Java yang satu ini adalah bahasa pemrograman komputer, dan gak semua orang Jawa mesti bisa bahasa Java tapi (bagi saya) akan sangat "ngisin-isini" jika sebagai orang Jawa tapi tidak bisa bahasa Jawa.

Mempelajari bahasa Java ternyata tidaklah mudah meski saya sebelumnya pernah belajar BASIC maupun Pascal. Namun hari ini sungguh menyenangkan. Karena sebelum mulai menerangkan, dosen memberi kami permainan "mencari jejak", persis seperti yang kerap saya lakukan bersama kawan-kawan di Pramuka dulu.

No comments: