Tuesday, January 13, 2009

Kuliah pagi

Memasuki minggu ke-2 quarter ini, beberapa kawan mengeluhkan jadwal kuliahnya yang terlalu pagi. Mereka mengeluh karena harus berangkat saat matahari belum terbit di ufuk timur. Bahkan boleh dikata sehabis subuh mereka harus angkat kaki dari apartemen, karena kalau tidak segera berangkat bisa-bisa ketinggalan bis yang menuju kampus dan bisa dipastikan akan terlambat mengikuti kelas. 

Sebenarnya kalo' dipikir-pikir nggak parah-parah amat sih jadwal mereka, meski tak jarang mereka berangkat pagi banget dan baru selesai kuliah setelah maghrib. Nggak separah cerita kawan saya yang dulu kuliah di Unjem (baca: Universitas Jember, sorry.. no offense Sob) tahun 90an, yang katanya harus kuliah pagi-pagi juga, sama-sama harus berangkat setelah subuh. 
Bedanya adalah di Indonesia (Jawa Timur dan sekitarnya..)  subuhnya kira-kira jam 4, lha di sini hari-hari ini paling jam 6:20an. Di Indonesia (Jawa Timur dan sekitarnya..) surya terbit kira-kira 5:30an sedang di sini (hari-hari ini) hampir jam 8. Sementara untuk hari-hari ini Maghrib sekitar jam 5 kurang seperempat.

Kebayang 'kan "enak"-nya kalo' puasa pas musim dingin :) Baru sebentar berpuasa dah maghrib :p 


No comments: